Klasifikasi Instrumen Marchingband

Posted on

Perlengkapan yang ada di tempat jual marchingband terdapat beberapa macam, sebelum membelinya penting terlebih dahulu untuk memastikan terkait apa saja alat yang diperlukan. Biasanya Anda akan disarankan mengambil satu set jika baru pertama melakukan transaksi, agar memudahkan karena sudah lengkap.

Klasifikasi Instrumen Marchingband

 

Saat melakukan pembelian tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa macam alat marchingband yang ada, tujuannya untuk memudahkan nantinya agar tidak kebingungan. Terdapat beberapa klasifikasi agar mudah dipahami, Berikut ulasannya:

Instrumen Pit (Statis)

Merupakan salah satu instrumen musik bernada yang bersifat statis. Saat memainkannya tidak diikutkan dalam barisan seperti lainnya, melainkan dimainkan pada bagian depan sebagai variasi penampilan agar lebih hidup. Suaranya cenderung khas sehingga dapat membawa warna baru dan bertekstur.

Sebagian besar Marchingband merakit sendiri instrumen satu ini untuk mendapatkan nada sesuai keinginan serta serasi dengan lagu yang ditampilkan. Pit sendiri terdapat beberapa macam, misalnya Timpani, Marimba, Simbal, Gong China, Tubular bell, dan sebagainya.

Instrumen Perkusi dan Musik Tiup

Klasifikasi alat musik yang ada di tempat jual marchingband selanjutnya terdapat dua, pertama perkusi. Cara memainkannya adalah dengan berjalan atau biasa disebut battery. Penggunaan musik jenis ini di Marchingband sendiri lebih sedikit jumlahnya dibandingkan yang ada pada drumband. Contohnya yakni drum bass, snare drum, dan sebagainya.

Selanjutnya terdapat instrumen musik tiup dahulunya lebih kental dengan barisan terdahulu, namun saat ini beberapa jenis sudah digunakan pada Marchingband. Nada yang digunakan adalah B b atau F. Misalnya saja trumpet, mellophone baritone euphonium, dan sebagainya.

Instrumen bendera

Bendera sendiri bukan termasuk alat musik, namun digunakan untuk pelengkap agar penampilan jauh lebih dinamis dan selaras dengan nada yang dimainkan. Pemainnya tentu memiliki kemampuan tersendiri agar dapat membuat gerakan selaras dengan lainnya.

Manfaat dari bendera sendiri yakni untuk menghasilkan efek-efek visual tertentu yang dapat mendukung suatu penampilan dari marchingband itu sendiri. Selain bendera terdapat aksesoris lainnya, yakni selendang, panji-panji, senapan, kayu, dan sebagainya.

Ada bisa mendapatkan instrumen tersebut di tempat jual marchingband dengan beragam pilihan yang dapat disesuaikan kebutuhan. Saat ini sudah terdapat banyak tempat penjualannya, sehingga akan lebih mudah untuk menemukannya.